kekurangan dan kelebihan dari Effects BOSS GT-8

Wednesday, June 9th 2010. | Uncategorized

BOSS_GT-8Adapun kekurangan dan kelebihan dari Effects BOSS GT-8, intinya efek ini sangat layak untuk dimiliki karena segudang kelebihannya. Harganya pun cukup pantas untuk kemampuan dan kelasnya. GT-8 dijual rata-rata Rp. 3.300.000,-.

He..he bagi yang punya hobi main musik kayak saya (ih sombong nih ye), review aksesories guitar effek prosesor yang biasa saya pakai lumayan bisa membantu, harganya sekitar 3 jutaan…

Pengen punya semua efek stompbox BOSS tapi dana nggak cukup??

Tenang aja, sekarang telah hadir BOSS GT-8. Multiefek lantai termutakhir keluaran BOSS ini telah hadir untuk menggantikan peran efek-efek stompbox yang pernah dikeluarkan BOSS secara ‘all in one’.

Besar, Hitam, Panjang, dan Sangar!! Itulah karakter BOSS GT-8 dari segi fisik.
Bagaimana dengan karakter suaranya?
Jangan khawatir bos, suaranya gak kalah dengan tampangnya. ;)

Nggak perlu beli efek stompbox satu persatu seperti Flanger, Compressor, Metal Zone, OD, dll. Cukup dengan GT-8 saja anda bisa serasa memiliki berbagai macam efek stompbox BOSS hanya dalam 1 unit.
Kita bisa mendapatkan berbagai karakter sound overdrive / distorsi dalam efek ini. Ada karakter OD, booster, natural, dll.
Bukan cuma itu saja, bahkan anda akan mendapatkan fitur yang jauh lebih banyak ketimbang membeli sejumlah stompbox dengan dana yang sama dengan GT-8. Bahkan GT-8 punya kemudahan dan fasilitas yang menunjang untuk digunakan dalam rekaman.
Bagi anda-anda yang menginginkan multiefek dengan karakter modulasi dan berbagai fitur tambahan untuk mengeksplorasi sound dan membuat permainan gitar anda terdengar unik, efek ini sangat penting untuk dimiliki.

KELEBIHAN :
* Terdiri dari 85 bank, 340 patch, 4 foot switch, dan 1 pedal.
Dari 340 patch yang ada, 140 patch pertama (dari bank 1 – 35) adalah patch yang bisa digunakan untuk keperluan pribadi (custom).
Artinya kita bisa menyimpan settingan sound kita sendiri sebanyak 140 jenis. Kemudian mulai dari bank 36 – 85 (200 karakter suara) merupakan default patch (preset) dari settingan pabrik dan tidak bisa dirubah.

* Terdiri dari 33 jenis efek yang beberapa diantaranya :

1. Pan. Memberi efek seperti panning speaker kiri dan kanan bila anda menggunakan Stereo Output pada ampli.
2. Flanger. Karakter ini rasanya sudah tak perlu dijelaskan lagi, karena dimiliki oleh hampir semua multiefek.
3. Feedbacker. Anda bisa mendapatkan sound feedback meski tak mengambil feedback langsung dari ampli.
4. Harmonist. Dengan fasilitas ini, anda bisa seolah-oleh bermain duet dengan seorang gitaris lagi. Anda juga bisa mengatur root nada yang dimainkan oleh “gitaris bayangan” ini.
5. Humanizer. Seperti karakter wah-wah, tapi efek ini memiliki karakter suara vocal manusia (a,i,u,e,o). Anda bisa membuat efek suara seperti orang berkata “aiiii….” ataupun “auuuuuu…” dan sebagainya. Tergantung bagaimana anda mensetting.
6. Pedal Bend. Fitur ini salah satu andalan dari GT-8 yang bisa membuat anda bermain efek ala Steve Vai mulai dari efek pitch bend melengking sampai dive bomb.
7. Auto Riff. Inilah salah satu kehebatan GT-8, dengan fasilitas ini, anak bayi baru lahir pun bisa memainkan arpeggio Minor dan Mayor cukup hanya dengan memetik 1 nada.

Beberapa daftar diatas hanyalah sebagian kecil dari apa yang bisa didapatkan di GT-8. Masih ada efek Slicer, Delay, Pitch Shifter, dll.

* BOSS GT-8 masih menyediakan Preamp Panel dan Drive Panel. Dua fasilitas ini bisa digunakan jika anda ingin bermain efek secara manual.
* Salah satu patch presetnya ada yang membuat sound gitar kita menjadi Drop D. Cukup bagus untuk para metalis sejati yang membutuhkan setting gitar drop D secara mendadak.
* Masih ada lagi fasilitas Compressor, Wah, Loop, dan EQ built-in.
* Anda bisa mendownload patch dari internet.
* Bisa pake send and return juga lho. Terus ada Midi In dan Out nya lagi. ;) * Masih banyak kelebihan bisa didapat dari GT-8, anda harus mencobanya sendiri.

KEKURANGAN :
No body’s perfect. Itu adalah bunyi pepatah kuno. Berlaku juga untuk efek ini, “No Effect Perfect”. Beberapa kekurangannya :
* Anda dijamin pusing bagaimana cara menguasai efek ini hanya dalam waktu beberapa hari. Terutama bila anda belum pernah berkenalan dengan efek2 BOSS GT leluhurnya seperti GT-3, GT-5, dan GT,6. Kalau belajar sendiri mulai dari nol, sedikitnya butuh waktu minimal 2 minggu untuk menguasai efek ini. Setidaknya itulah yang terjadi pada saya.
* Beberapa orang menyebut karakter sound GT-8 masih terlalu digital.

Bila anda telah memiliki BOSS GT-8 dan ingin mendownload serta ingin selalu up to date dengan efek kesayangan anda tersebut, silahkan bergabung di BOSS GT Central.

Source article

tags: , ,

4 Responses to “kekurangan dan kelebihan dari Effects BOSS GT-8”

  1. setyadi_vai Says:

    bang gwe mau nanya ne…..
    knapa lok gt8 saya noisnya besar sekali ketika di pake distortion……..???/
    kasih solosi…. tanks…

  2. admin Says:

    @setyadi_vai: Seharusnya noice akan terasa bila distorsinya kita setting full… kalo dari baru sich mendingan balikin kalo masih garansi…

  3. invicta watches for men Says:

    scouring everywhere for good content
    Looks like my bookmarks are gonna keep on growing!

  4. desperados Says:

    entah karena cinta ato apa ya kekurangannya menurut saya cuma terlalu berat hahahahha, untuk lain2 tidak ada…semua yang saya inginkan ada dalam efek ini, tahan banting power gede dan gak pernah rewel

Leave a Reply