Home » hp » Pembekuan ijin penjualan Blackberry di Indonesia

Pembekuan ijin penjualan Blackberry di Indonesia

Tuesday, August 25th, 2009 | hp

Gambar Blackberry BoldSeminggu terakhir, banyak media menyoal tentang pembekuan ijin penjualan BlackBerry di Indonesia. Isu ini merebak ketika RIM (Research In Motion) belum juga menyediakan layanan purna jual untuk konsumen Blackberry di Indonesia. Kabarnya, apabila hingga 15 Juli RIM tidak segera membuka layanan tersebut, maka Blackberry akan menjadi Ilegal. Isu inilah yang membuat saya mengurungkan niat membeli smartphone andalan tersebut 🙂

BlackBerry adalah device smartphone yang diproduksi oleh vendor asal Kanada Research In Motion (RIM). Perangkat canggih ini memiliki layanan push e-mail, telepon selular, sms, faksimili Internet, menjelajah Internet dsb. Dengan fitur dan design yang menarik, banyak konsumen indonesia kepincut untuk segera membelinya, meski tidak ada yang memberikan garansi terhadap produk tersebut.

Kenapa purna jual begitu penting (bagi saya)? Coba bayangkan ketika Blackberry yang Anda pakai sekarang bermasalah, Anda harus kemana? Atau ketika produk Blackberry mengalami cacat produk dan harus ditarik secara massal untuk diganti baru, konsumen Blackberry Indonesia tidak bisa mendapatkan fasilitas tersebut. Kenapa? Karena RIM tidak membuka layanan purna jual di Indonesia. Ketika Anda datang ke penjual Blackberry, mereka hanya berkelit ”kami hanya menjual, tidak memberikan layanan purna jual untuk Blackberry“.

Pemerintah telah berusaha untuk melindungi hak konsumen tersebut dengan menelorkan Peraturan Menteri Perdagangan No 19/2009 tentang layanan purnajual meski baru efektif 26 Agustus 2009 (telat :p). Menurut hemat saya ketika telah diatur dalam Undang Undang, setiap pelanggaran adalah bisa dikategorikan sebagai pidana. Dan itu berarti setiap pelanggar akan berurusan dengan Polisi.

Apabila hanya mengganti status menjadi produk ilegal, tidak akan menciutkan nyali importir blackberry untuk terus memasok smartphone ke konsumen Indonesia. Ujung2nya apabila terjadi masalah, konsumen sendiri yang dirugikan.

Saran saya : Apabila Anda ingin membeli blackberry, tunggu sampai layanan purna jual RESMI buka di Indonesia (bukan garansi toko). Dan bagi yang sudah mempunyai Blackberry, semoga device smartphone Anda tidak bermasalah meski pembekuan ijin penjualan Blackberry di Indonesia mulai diberlakukan. 😀

Artikel Pembekuan ijin penjualan Blackberry di Indonesia ini dipersembahkan oleh Yuswono WebId. Kunjungi

Pusat Informasi Laptop Terlengkap
untuk informasi seputar Laptop dan Komputer.

Tags: ,

Related Pembekuan ijin penjualan Blackberry di Indonesia

Kehidupan Nyata Mirip Per

Pada sebuah pertandingan sepak bola diperlukan kerjasama team yang baik sehingga bisa menyerang

Hostgator affiliate is an

I’ve read a lot of articles and discussion forums that say that HostGator

Mencari free template wor

Petelah berkeliling menjelajahi dunia internet dengan mbah google, akhir nya saya menemukan free

Mother's Day

Video ini saya (http://sariful.com) buat tahun 2003 ketika masih kuliah di dago Bandung.