UMR 2013 Kabupaten Bogor = UMR 2013 Bekasi

Thursday, November 1st 2012. | Renungan

Akhirnya tuntutan buruh di kabupaten bogor tentang UMR 2013 di setujui oleh bupati bogor RACHMAT YASIN. Semoga semua perusahaan mau mengikuti UMR 2013 ini sehingga kesejahteraan buruh sedikit meningkat walau keuntungan perusahaan semakin kecil. Semoga kabupaten bogor sebagai salah satu daerah penyangga ibukota jakarta UMR 2013 bisa lebih baik dari tahun lalu.. amin…

Klik di sini untuk lihat Daftar UMK/UMR 2013 JABODETABEK dan daerah lainnya

Berikut kutipan yang saya dapat dari teman mengenai hasil Mogok Daerah (MODAR) Kabupaten Bogor dan Facebook  forumburuhbogorbersatu .

Selamat atas modar jilid 2 yang membawa kemajuan bagi seluruh buruh di kabupaten bogor.
Meningkatkan martabat buruh bogor, yang tidak lagi menjadi daerah dengan upah termurah.

Hal ini sangat patut kita syukuri & semoga bisa meningkatkan amal ibadah & rasa sosial kita sebagai buruh bogor dan manusia yang siap membantu apabila ada yang membutuhkan bantuan.

Terlepas dari itu saya ingin memberikan beberapa catatan yang menjadi pr kita ke depannya.Bahwa kalaupun keputusan umk itu terlaksana, belum sepenuhnya upah kab. Bogor mengacu kepada upah bekasi.
Contoh upah di bekasi tahun 2012
1. Umk Rp. 1.491.000,-
2. Umsk sektor 1 Rp. 1.849.000,- (15 % lebih besar dari umk)
3. Umsk sektor 2 Rp. 1.715.000,- (24% lebih besar dari umk)

misalkan umk bekasi deal Rp. 2.500.000,- maka perbandingan umsk :
1. Umsk sektor 1 bekasi Rp. 3.100.000,-
2. Umsk sektor 2 bekasi Rp. 2.875.000,-

sementara di bogor umsk (tanpa pembagian sektoral) misal deal 5% menjadi hanya Rp. 2.625.000,-

perlu diketahui bahwa umk ditetapkan untuk perusahaan dengan skala menengah kebawah (garment, dll)

umsk ditetapkan mengacu kepada klasifikasi baku lapangan usaha sektor 1 (unggulan) untuk otomotif, elektronik, pertambangan, kimia, farmasi, logam, telekomunikasi, dll) sektor 2 (industri makanan/minuman, kaca, keramik, percetakan, mainan, kabel, dll)

artinya untuk upah sektoral masih akan ada kesenjangan yang sangat signifikan antara bogor dengan bekasi.
Sektor 1 selisih sebesar Rp. 525.000,-
sektor 2 selisih sebesar Rp. 250.000,-

tapi sekali lagi dengan hasil seperti apapun harus disyukuri sebagai karunia dari allah & buah perjuangan gerakan buruh di kabupaten bogor.

Hal-hal diatas menjadi tanggung jawab kita selaku serikat pekerja di masa depan.

Semoga benih-benih persatuan buruh bogor tetap terjalin erat, sehingga jika ada buruh dari serikat pekerja manapun mengalami kesusahan, maka kita semua harus memberikan solidaritasnya.

Terkait dengan hal itu, besok fspmi pt.mastrotto (bogorindo) akan melakukan mogok kerja sebulan penuh dalam memperjuangkan karyawan outsourcing. Siapkah kawan-kawan untuk memberikan solidaritas bukan hanya retorika/omongan belaka ????

dari bupati :

Cibinong, 31 Oktober 2012

kepada
Yth. Ketua gabungan Sp/Sb
kab.bogor di Tempat
Nomor : 561/747-Dinsosnakertrans/ 2012
Sifat : Biasa
Lampiran: -
Perihal : Persetujuan UMK Kab.Bogor

Menindak Lanjuti hasil kesepakatan pada hari rabu, 31 oktober 2012, antara Pemerintah Kabupaten Bogor dengan Ketua gabungan SP/SB Kabupaten Bogor Terkait dengan tuntutan Kenaikan UMK & UMSK Kabupaten Bogor tahun 2013 Pada aksi Mogok Daerah (MODAR), Pemerintah Kabupaten Bogor dengan mempertimbangkan dinamika ketenagakerjaan yang berkembang saat ini & dalam rangka menjaga Hubungan Industrial yangg Harmonis & Kondusif serta menciptakan ketenangan berusaha bagi pengusaha & ketenangan bekerja bagi para pekerja/buruh di Kabupaten bogor, Maka kami Menyetujui hasil Kesepakatan dimaksud sebagai berikut:

  1. Bupati Bogor akan Mengusulkan UMK Kabupaten Bogor tahun 2013 Kepada Gubernur Melalui dewan pengupahan Provinsi Jabar yang Besarannya SAMA DENGAN UMK BEKASI yang sampai saat ini masih dalam tahap Pembahasan.
  2. Mengusulkan UMSK Kabupaten Bogor dari besaran UMK yang disepakati untuk kabupaten Bogor yaitu:
    • Keinginan Daerah Sebesar 5%
    • Keinginan dari Gabungan SP/SB Kabupaten Bogor Sebesar 15%
  3. Setelah diseujui kesepakatan ini, Maka tidak ada lagi aksi Mogok Daerah (MODAR) & Aksi Pengerahan Massa pekerja/buruh di Kabupaten Bogor

sehingga besaran UMSK Kabupaten Bogor tahun 2013 keputusannya diserahkan kepada Gubernur melalui Dewan Pengupahan Provinsi Jabar

Demikian, Atas perhatiannya diucapkan Terima kasih
BUPATI BOGOR


RACHMAT YASIN

tags: ,

6 Responses to “UMR 2013 Kabupaten Bogor = UMR 2013 Bekasi”

  1. fatur Says:

    benarkah kenaikan Umr dapat membuat buruh sejahtera ?

    [Reply]

  2. jayadin Says:

    gaji naek, harga barang2 juga ikut naek. sama aja gak cukup-cukup juga haduh pusingg.. gimana ini bangsa yah???

    [Reply]

  3. rehan Says:

    gan MODAR jilid 2,kan belum di gelar??ko udah ada keptsan surat dri bupati?

    [Reply]

  4. lili Says:

    kalo menurut pendapat saya yang bodoh harusnya tuntutan kita satu lagi turunkan harga harga….sebab percuma gaji naik harga naik ga akan ada habisnya….

    [Reply]

  5. Camink Says:

    Tolong di kontrol UMR di kabupaten bogor.

    Ada sebuah Perusahaan di derah kami yg telah berdiri kurang lebih 15thn
    yg sudah berkembang,
    nama perusahaanya CANSEBU resort.

    gaji kariawannya hanya cukup untuk beli nasi uduk saja.

    Perbulan hanya 350rb.
    Apa ini yg di namakan jawa barat maju.
    Tolong di kontrol lagi pak. Terimakasih.

    [Reply]

  6. parlinsilaen Says:

    di tempat saya,GP + Tunjangan = UMR.gimana nih pak pemimpin

    [Reply]

Leave a Reply