UMR DKI Jakarta, Bekasi, Depok, Bogor tangerang 2011

Wednesday, December 8th 2010. | Pribadi

Lagi berangan-angan gaji naik tinggi… ternyata cuma jadi Rp. 1.172.060 aza… tapi harus di syukuri walau cuma naik 9,82%.

UMR DKI Jakarta 2011 atau yang sekarang dikenal dengan sebutan UMP atau Upah minimum Provinsi, untuk wilayah DKI Jakarta pada tahun 2011 ditetapkan sebasar Rp 1.290.000, Adapun penetapan Upah minimum Provinsi ( UMP ) ini di perkuat dengan peraturan Gubernur nomor 196 tahun 2010.

UMR DKI Jakarta 2011 naik sebesar 15,38 persen dari UMR Jakarta tahun 2010, dimana pada tahun 2010 yang lalu UMR/ UMP DKI sebesar 1.118.009 rupiah. “Perlu diketahui bahwa Pergub tersebut adalah hasil rekomendasi dari dewan pengupahan, dan telah melalui 11 kali rapat penentuan yang sangat ketat. Dalam sidang penetapan itu kami juga dikawal Forum Buruh Jakarta yang menginginkan UMP 2011 sesuai dengan KHL,” ujar Deded Sukandar

Dijelaskan Deded, UMP tersebut akan berlaku efektif setelah dilakukan sosialisasi yang dijadwalkan setelah penetapan UMSP (Upah Minimum Sektoral Provinsi) pekan depan. UMP hanya berlaku untuk pekerja lajang, belum menikah serta bekerja di bawah satu tahun. Jika ada pekerja yang sudah menikah, bekerja lebih dari satu tahun, UMP dinyatakan tidak berlaku atau pekerja yang bersangkutan wajib dibayar di atas UMP.

Sebagai perbandingan di kawasan sekitar, UMR Kota Bekasi / UMK Kota Bekasi (upah minimum kota/kabupaten) 2011 sebesar Rp 1.275.000. UMR / UMK Bekasi 2011 Rp 1.285.421. Lalu UMR / UMK Depok 2011 Rp 1.253.638, UMR / UMK Bogor 2011 Rp 1.172.060.

Dengan ditetapkannya UMK DKI 2011 tersebut, Disnakertrans akan melakukan sosialisasi ke seluruh perusahaan di lima wilayah DKI. Jika ada yang keberatan dengan besaran tersebut bisa mengajukan penangguhan. Tim yang terdiri dari petugas dan pakar akan meninjau perusahaan yang bersangkutan. Meskipun demikian, Disnakertrans tidak akan dengan mudah mengabulkan keberatan jika perusahaan tidak sedang kolaps atau bangkrut. Pada pelaksanaan UMP 2010, sebanyak lima perusahaan mengajukan penangguhan. Namun, hanya dua perusahaan yang dikabulkan.

Menurut Wakil Ketua Dewan Pengupahan Ariana Satrya, penetapan UMP DKI 2011 didasarkan banyak faktor. Selain kesepakatan antara pengusaha dan pekerja, juga analisis dari para pakar dengan mempertimbangkan KHL (kebutuhan hidup layak), pertumbuhan ekonomi, angka inflasi serta angka pengangguran. Tidak hanya berpijak pada kondisi 2010, tapi juga prediksi 2011. Diputuskannya kenaikan UMP DKI 15,38 persen tersebut dengan asumsi pertumbuhan ekonomi saat ini sebesar 6,4 bisa merangkak naik hingga tujuh pada akhir 2011. Kemudian angka inflasi akan bergerak pada kisaran 5,3 hingga 5,4 hingga Desember 2011.

Jika UMP tidak didasarkan pada geliat pertumbuhan perekonomian serta angka inflasi tersebut, dikhawatirkan banyak perusahaan akan kolaps. Tidak mampu membayar pekerjanya. Sementara, ditetapkannya UMP agar antara perusahaan bisa membayar gaji sesuai kemampuan, sementara pekerja juga mendapat haknya secara layak.

“Setelah UMP masih ada UMSP. Masing-masing sektoral akan berbeda-beda sesuai kemampuannya. Angkanya akan lebih tinggi dari UMP. Jika UMP Rp 1.290.000, UMSP bisa di atas itu. Jadi kenaikan UMP 15,38 ini sudah keputusan yang terbaik dengan pertimbangan berbagai sisi,” tambah anggota Dewan Pengupahan Mas Muanam

Kita sebagai karyawan pasti menantikan kenaikan UMP maupun UMR karena memang beban hidup semakin hari semakin bertambah, semoga setiap pengusaha menerapkan UMP DKI Jakarta 2011 ini nantinya.
Berikut daftar UMR/UMK Propinsi :

No Provinsi Penghasilan
1 Papua Rp2.164.784
2 Kalimantan Timur Rp2.155.991
3 Papua Barat Rp1.950.837
4 DKI Jakarta Rp1.925662
5 Kepulauan Riau Rp1.897.900
6 Maluku Utara Rp1.584.550
7 Maluku Rp1.575.696
8 Banten Rp1.564.443
9 Sumatera Barat Rp1.488.135
10 Nusa Tenggara Timur Rp1.466.074
tags: , , , , , , , , ,

12 Responses to “UMR DKI Jakarta, Bekasi, Depok, Bogor tangerang 2011”

  1. nadyanet Says:

    om aku naik gajinya belum kerasa nih… maklum ada potongan….., om mau usul nih, image nya agak berantakan .. kebesaran kadang tumpang tindih

    [Reply]

  2. iwan Says:

    asalamualaekum

    [Reply]

  3. Yogi Pratami Says:

    Mau tanya, sebenar nya UMR itu gaji pokok / keseluruhan ya?

    [Reply]

  4. Opik Says:

    Kira2 kapan indonesia Gratis..
    lo aja sama…
    Rakyat kaga usah pake kerja gitu.. bisa gak yah..

    [Reply]

  5. Opik Says:

    @: yagi pratami: UMR itu upah miskin rakyat Mbak …
    hahahaha….

    [Reply]

  6. aril Says:

    Gaji Saya Di potong Terus Neh

    [Reply]

  7. Sulismiani Ulis Says:

    UMR sudah berlaku semua

    [Reply]

  8. hermin Says:

    Naik gaji kan dibarengi kenaikan kbutuhan hidup. Kondisinya kan sm dgn skrng ga ada bedanya

    [Reply]

    admin Reply:

    @hermin: Betul..Betul..Betul.., kalo dulu kenaikan baru terjadi setelah pengumuman kenaikan gaji PNS.. kalo sekarangmah kenaikan hampir setiap hari terjadi… :( nasib nasib…

    [Reply]

  9. Aroel Says:

    UMR memanng naik tapi ga sebanding sama naiknya harga sembako yg naik’a g kira2.

    [Reply]

  10. edo Says:

    Klo UMP naik, produktifitas naik gak ya ??

    [Reply]

  11. Hellys Says:

    mana ada batam kepri umk Rp1.897.900 . . .
    bohong besar . . . .
    sembako aja yang makin mahal..
    gaji tetap. perubahan nya hanya 10%.

    [Reply]

Leave a Reply